Rabu, 13 November 2013

Harga Motor Ini Rp 1,5 Miliar

 
Milan -Salah satu motor paling legendaris, paling langka dan paling mahal di dunia roda dua, Brough Superior SS100 kembali lahir. Motor yang dijuluki sebagai 'Rolls-Royce of Motorcycles' hanya akan dibuat sesuai pesanan konsumen.

Generasi berikutnya dari Brough Superior SS100 ini dirancang dan dibangun oleh perusahaan desain Boxer Design dengan mengambil banyak ispirasi dari Brough Superior SS100 kelahiran 1926 yang bernama sama.
Meski memiliki tampang retro, Brough Superior SS100 diklaim emmbawa semangat baru. Mesin 997cc, 88-degree V-Twin dengan boreXstroke 94x71.8 mm dan rasio kompresi 11:1.

Batok mesin yang memiliki tenaga sampai 140 hp dengan torsi 92 lb-ft ini menggunakan bahan baja yang akan disokong dengan sasis tubular berbahan titanium.

CEO Brough Mark Upham mengatakan kalau pihaknya telah menghabiskan 4 juta euro atau sekitar Rp 61,5 miliar untuk merancang mesin yang sama sekali baru. Dia juga mengaku telah melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron untuk membicarakan kemungkinan bantuan pemerintah.
Sebab ambisi Brough cukup besar, mereka ingin menjadi produsen motor nomor dua di Inggris meski harga jual motornya tidak akan murah.

"Kisaran harga kami akan berada di bawah 100 ribu euro (Rp 1,5 miliar), dan kami berharap untuk membangun mungkin 20 motor per tahun dengan benar-benar dipesan lebih dahulu," kata Upham di Motorcycle

Brough Superior sendiri adalah merek yang memproduksi motor, sespan dan mobil yang dibangun oleh George Brough, seorang pebalap dan desainer. Merek ini memproduksi motor di Nottingham, Inggris mulai 1919 sampai 1940 sebelum akhirnya vakum hingga sekarang.

Julukan 'Rolls-Royce of Motorcycles' tercetus dan menjadi sebutan merek motor ini hingga sekarang setelah disebut oleh koran The Motor Cycle.

Selama 21 tahun kehidupan merek ini, Brough Superior sudah memproduksi 19 model tapi hanya dalam jumlah yang terbatas, 3.048 unit saja. Dari jumlah itu, hanya seper-tiga diantaranya saja yang masih ada sampai sekarang.

Nama-nama terkenal diketahui memiliki mobil ini. T. E. Lawrence (Lawrence of Arabia) bahkan diketahui memiliki 7 motor Brough Superior dan tewas dalam kecelakaan setelah ketika menggunakan salah satu koleksinya tersebut.

Seperti halnya mobil mewah, motor-motor Brough Superior dibangun dengan kinerja tinggi dan keunggulan kualitas. Sebagian besar dibangun sesuai keinginan pelanggan dan sangat jarang ada dua motor yang sama.
Setiap motor dirakit sebanyak dua kali sebelum diantar ke pemesannya.Perakitan pertama adalah untuk pemasangan semua komponen, kemudian sepeda motor itu dibongkar kembali dan semua bagian dicat atau dilapisi sesuai kebutuhan. Setelah itu, motor kembali dirakit.

Motor itu kemudian dites langsung oleh George Brough. Motor harus bisa dipacu hingga kecepatan tinggi. Untuk SS100, motor harus mampu berlari sampai 160 km/jam dan SS80 130 km/jam. Semua itu harus tanpa masalah, dan angka tadi adalah sebuah kecepatan yang sangat tinggi untuk saat itu. Setelahnya, motor disertifikasi secara pribadi oleh George.

Ribetnya pembuatan motor Brough Superior ini sama dengan Rolls-Royce. Karena itulah tidak salah bila motor-motor Brough Superior adalah yang termahal di dunia.


http://oto.detik.com/read/2013/11/11/175549/2409783/1208/harga-motor-ini-rp-15-miliar?o991102638

0 komentar:

Posting Komentar